Sunday, February 8, 2009

Mineral Kalsit

Kalsit

Endapan kalsit merupakan hasil retrukturisasi batugamping yang mengkristal setelah mengalami proses pelarutan. Umumnya terjadi pada batugamping atau marmer dalam masa kristalin yang berlapis dan berupa stalaktit dan stalakmit.

Kalsit yang berkomposisi kimia CaCO3 dapat ditemukan dalam keadaan murni dan tidak, tergantung kepada kandungan mineral pengotornya. Mineral pengotor ini terbentuk karena adanya subtitusi unsur Ca oleh unsur logam seperti Mg, Fe, Mn. Dalam prosentase tertentu mineral pengotor kalsit akan membentuk mineral kapur lain seperti dolomit, ankerit dan kutnakorit.

Kalsit mempunyai benuk prismatik, tabular, rhombohedral, massive, berbutir kasar sampai sangat halus. Berat jenis kalsit murni adalah 2,71. Kalsit murni tidak berwarna dan transparan, warna akan berubah sesuai dengan subtitusi yang terjadi seperti kuning, pink, biru, lavender, kehijauan, abu-abu, hitam. Mempunyai tingkat kekerasan 3 pada skala Mohs, belahan rhombohedral.

Endapan kalsit sebagian besar ditemukan dalam bentuk lensa-lensa atau merupakan asosiasi endapan mineral yang lain, dan jarang ditemukan endapan kalsit murni dalam ukuran besar.

Kalsit dipergunakan untuk keperluan pertanian, industri kimia, industri makanan, industri metalurgi, industri konstruksi.

No comments: